Kabupaten Kutai Barat

Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Kukar

KB-6-DPRD (1)

Komisi IV DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang membidangi pendidikan, melakukan kunjungan kerja dan silaturahmi dengan Pemkab Kubar dalam rangka menyatukan persepsi terkait penyebaran tenaga guru yang tidak merata antara di perkotaan dan di pedalaman, acara tersebut dilaksanakan di ruang Diklat Kantor Bupati Lantai III, Jumat (3/3).

Ketua Komisi IV DPRD Kukar Isnaini menuturkan kunjungan kerja ke Kubar dalam rangka penyatuan persepsi dalam mengatasi masalah penyebaran tenaga guru di daerah perkotaan yang enggan untuk ditempatkan didaerah pedalaman.  “Permasalahan tersebut lah yang mendasari kunjungan kerja Komisi IV DPRD Kukar  ke Kubar untuk mencari solusi bersama dalam mengatasi permasalahan tersebut,” kata Isnaini.

Di Kukar tenaga PNS menumpuk diperkotaan, sedangkan di dipedesaan lebih banyak tenaga honorer. Dengan permasalahan tersebut sehingga kami datang ke Kubar untuk melakukan sharing,tujuan kegiatan ini agar diketahui permasalahan yang ada kemudian bagaimana mencari cara dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Kubar FX Yapan SH menuturkan di Kubar tedapat 197 sekolah dengan 43.408 murid dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA yang tersebar di 190 Kampung di 16 Kecamatan se Kubar. Dengan total guru sebanyak 4.291 dari jumlah tersebut terdapat 1.849 guru PTT/honorer.

Bupati menjelaskan di Kubar memiliki dua strategi dalam mengatasi permasalahan tersebut, dimana dalam penempatan para tenaga pendidik dengan cara penempatkan sesuai tempat lahir atau dikembalikan ke daerah asal. “Ditempatkannya kedaerah asal, alasannya tentu saja yang bersangkutan mau mengurus daerahnya sendiri, upaya kedua dengan cara meningkatkan tunjangan di daerah terpencil dan perbatasan dengan cara tersebut lah kita merangsang para tenaga pendidik agar mau dan betah bertugas dipedalaman dan perbatasan. Selama ini dua cara tersebut yang sudah dilakukan oleh Pemkab Kubar dalam pemerataan penyebaran tenaga guru di pedalaman.

Bupati juga menambahkan, dengan komunikasi semacam ini antar dua daerah sangat lah baik untuk mencapai sasaran atau keberhasilan, karena  tanpa komunikasi mustahil kita bisa berhasil. Sekali lagi dengan kunjungan kerja dan silaturahmi Komisi IV DPRD Kukar tentu disambut baik oleh Pemkab Kubar untuk sama-sama berkomunikasi dalam penyelesaian permasalahan penyebaran tenaga guru yang merata baik di perkotaan maupun di pedalaman.(hms10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>