Kabupaten Kutai Barat

Kubar Sabet Penghargaan Tingkat Nasional Bidang HAM

2017.PENGHARGAAN.. (2)

SENDAWAR – Kabupaten Kutai Barat (Kubar) terus bekipra, dengan meraih sejumlah penghargaan ditingkat nasional. Kali ini torehan prestasi tingkat nasional bidang Hak Asasi Manusia (HAM), diraih oleh Kabupaten yang berselogankan “Hasi esok lebih baik daripada hari ini,.

Prestasi itu, diberikan karena dianggap “Tanna Purai Ngeriman” peduli terhadap HAM. Untuk Pemkab Kubar meraih penghargaan dengan predikat Kabupaten Cukup Peduli HAM.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Presiden RI Joko Widodo kepada Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan SE yang mewakili Pemkab Kubar. pada Peringatan Hari HAM Sedunia ke 69 tahun 2017, di The Sunan Hotel Solo, Minggu pagi 10/12.

Penghargaan dibidang HAM ini memang baru pertama kalinya yang diterima Pemkab Kubar, dimana penghargaan tersebut diberikan kepada Kabupaten Kutai Barat karena dinilai berhasil atas parameter kepedulian terhadap HAM pada tahun 2016.

Parameter penilaian kelompok A terdiri dari hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

Selanjutnya dalam penghargaan ada tiga predikat yang diberikan, yakni peduli, cukup peduli dan kurang peduli.

Di Pemkab Kubar masuk dalam kategori cukup peduli oleh sebab itu kedepan Pemkab Kubar terus berupaya agar dapat meningkatkan predikat menjadi peduli, dengan cara meningkatkan hak atas kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan, serta hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

Dalam kesempatan yang sama Menkumham Yasonna Laoly mengatakan pemerintah berkomitmen mendorong peningkatan HAM hingga ke daerah. Hal itu terlaksana melalui Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) memasuki generasi ke 4.

“Tahun 2017, aksi HAM di daerah hingga saat ini mencapai 52,26 persen, dan diharapkan di akhir tahun ini pemerintah daerah dapat mempercepat pelaksanaan aksi HAM daerah hingga mencapai 100 persen,” kata Yasonna.

Menkumham menyampaikan mendukung hal ini juga telah membuat peraturan terkait penerapan materi muatan HAM agar penyusunan peraturan daerah dan produk hukum daerah dengan memperhatikan nilai HAM dapat tercapai.

Dalam acara tersebut dibagikan penghargaan untuk 232 daerah dari provinsi, kota, dan kabupaten yang masuk kategori peduli HAM, dan Pemkab Kubar masuk dalam  kategori cukup peduli HAM.(ADV/hms10/NAW).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>