Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Barat menggelar  Acara Launching Pilkada 2020.  Selasa (29/10/2019)

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Barat menggelar Acara Launching Pilkada 2020. Selasa (29/10/2019)

Sekretaris Daerah Kutai Barat bersama KPU  dan DPRD Kutai Barat, menekan sirine dan pelepasan balon tandai Launching Pilkada 2020. kominfo Afn.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Ditandai dengan menekan tombol sirine dan pelepasan balon, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Barat menggelar acara Launching Pilkada 2020, Dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat, Ketua dan Anggota DPRD Kutai Barat,  Kapolres Kutai Barat, Dandim Kutai Barat, Organisasi Masyarakat,  ASN  dan TKK dilingkungan Pemerintah Kutai Barat. di Taman Budaya Sendawar, Selasa, 29 Oktober 2019.

Bupati Kutai Barat, dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kutai Barat Yacob Tullur mengatakan, peluncuran Pilkada 2020 bisa memberikan informasi kepada masyarakat tentang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati periode mendatang, dengan demikian dapat meningkatkan partisipasi pemilih semakin meningkat dari tahun-tahun sebelumnya guna menyukseskan Pilkada 2020 di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

“Pada tahun 2020 masyarakat menghadapi agenda pesta demokrasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat yang akan meneruskan cita-cita dan perjuangan pembangunan yang tentunya agenda tersebut dapat berjalan dengan lancar, diharapkan dapat membawa Kutai Barat maju dan berkembang serta mensejahterakan masyarakat,” Terangnya

Lebih lanjut dijelaskan “Seluruh pihak diharapkan dapat menyuskeskan agenda ini, dengan bersama-sama menjaga Kabupaten Kutai Barat agar tetap aman, tentram, tertib dan damai menuju agenda pesta demokrasi di Kutai Barat 2020 mendatang. Jangan mudah terprovokasi melalui isu hoax dan adu domba serta fitnah lainnya. Saya yakin wargaku tercinta masyarakat Kutai Barat dewasa dan pasti lebih cerdas sehingga dalam berpikir, berujar maupun berkata dapat mencerminkan masyarakat yang beradat dan berkualitas,” Tegas Sekda.

Sementara menurut Ketua KPU Kutai Barat Arkadius Hanye mengatakan, secara nasional pilkada serentak sudah dilaunching sejak 23 september 2019 lalu atau setahun menuju tanggal pencoblosan 23 september 2020.  Di Kutai Barat baru dilakukan hari ini karena persiapan belum mantap terutama anggaran pilkada.

Namun kini anggaran sudah disepakati dengan pemerintah Kutai Barat melalui penandatanganan hibah daerah tanggal 1 oktober lalu, sehingga sejumlah kegiatan mulai dilaksanakan bahkan sebelum dilaunching. “Langkah selanjutnya pasca launching adalah perekrutan panitia pemungutan suara serta sosialisasi berbagai aturan pemilu, namun yang terpenting adalah keterlibatan masyrakat dalam pilkada khususnya  pemutahiran data pemilih,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakannya “Semua warga Kutai Barat yang secara administrasi memiliki KTP, KK bahkan surat keterangan pastikan sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap serta dapat memberikan masukan kepada PPDP atau PPS, pada saat pelaksanaan pemutakhiran data pemilih. Sehingga data pemilih kita makin valid, jika masyarakat dan semua pihak proaktif dalam pilkada tahun depan maka target partisipasi masyarakat bisa naik diatas 80 persen dari pemilu serentak 2019,” harapnya. kominfo Afn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kubar

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemkab@kutaibaratkab.go.id