Kepala Sekolah beserta Pengawas Sekolah harus terapkan pendidikan Karakter sejak dini. Selasa, (13/08/2019)

Kepala Sekolah beserta Pengawas Sekolah harus terapkan pendidikan Karakter sejak dini. Selasa, (13/08/2019)

Para Kepala Sekolah beserta Pengawas Sekolah yang mengikuti Bimtek PPK.kominfo Lsr.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR - SENDAWAR - 25 0rang Kepala Sekolah beserta Pengawas Sekolah tingkat SD/SMP Kabupaten Kutai Barat mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengimbasan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang terintregrasi dalam Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) selama 4 hari sejak Selasa (13-16/08/2019) di SDN 001 Kecamatan Barong Tongkok.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Silvanus Ngampun mengatakan bahwa sangat menyambut baik upaya Pemerintah Pusat, dengan adanya kegiatan ini, para Kepala Sekolah beserta Pengawas Sekolah dapat mengimbaskan materi bimtek ke sekolah lainnya yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan ini, hal ini merupakan salah satu yang harus terus kita bina, dan laksanakan di seluruh sekolah.

Silvanus Ngampun menambahkan “ada lima utama pendidikan karakter yaitu religius, nasionalis, kemandirian,  gotong royong, dan integritas  yaitu kejujuran antara perkataan dan perbuatan harus sama tidak boleh beda. Hal ini perlu sekali dilakukan dari hal kecil, namun penanam nilai tidak hanya teori tetapi harus dengan tindakan yakni melalui keteladanan dari para guru.”

"Untuk keberhasilan ini harus ada kerjasama antara orangtua sebagai bentuk bimbingan pendidikan didalam lingkungan keluarga," pungkasnya sebelum membuka secara resmi  Bimtek tersebut.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga sebagai Fasilitator Nasional Kementerian Pendidikan, Irwan Hermawan menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan Implementasi dari Peraturan Presiden (Perpres) No. 87 Tahun 2017 serta peraturan Kemendikdbud tahun 2018 berkaitan dengan penguatan karakter disekolah, pada tahun 2019 ini sasarannya yaitu 139 sekolah di seluruh wilayah Indonesia dan salah satunya terpilih ialah Kabupaten Kutai Barat.

Lebih lanjut Irawan Hermawan menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan serentak pada Kabupaten/kota se-Indonesia yang telah dimulai sejak bulan Juli dan akan berakhir bulan Oktober.  Dalam rangka memperluas sasaran, mampu mengimplementasikan program PPK dan SPAB untuk kepala sekolah, selaras dengan semangat untuk melindungi hak kepala sekolah beserta pengawas pada lingkungan sekolah.  "Semoga kegiatan ini yang akan berlangsung sampai hari jumat dapat terlaksana dengan baik," paparnya

Acara yang diawali dengan persembahan tarian daerah dari SD 001 Barong Tongkok, Tari Hudoq, Tari Ngeleway, Tari dengan Judul Bumi Borneo, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PPK, dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Barat dan jajaran, tim panitia pusat, fasilitator daerah, serta seluruh peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan pengawas sekolah. Kominfo Lsr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kubar

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemkab@kutaibaratkab.go.id