Kabupaten Kutai Barat

Kemajemukan Menjadi Kekuatan Yang Utuh

KB-30- Dialog

SENDAWAR-  Bupati Kutai Barat, FX Yapan membuka kegiatan dialog Kerukunan Umat Beragama Kutai Barat, di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, Rabu (29/11).

Kegiatan ini kerjasama antara Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG) dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Dihadiri oleh Sekretaris Kabupaten, Sekkab, Drs Yacob Tullur, Kepala Kantor Kementrian Agama, H M Isnaini, Ketua BAMAG Kubar, Sahadi, Ketua FKUB Kubar, Ev Petrus Setian, Pemuka Agama, tokoh Agama, tokoh masyarakat,Tokoh organisasi keagamaan, Kepala Dinas, Badan, Kantor dalam wilayah Kutai Barat berjalan dengan tertib.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini sangat penting adanya dan memiliki peran serta fungsi yang strategis dalam mengelola kemajemukan dan juga keanekaragaman latar belakang kultural masyarakat menjadi suatu kekuatan membangun Kutai Barat menuju Hari Esok yang Lebih Baik daripada Hari Ini. Dialog antar agama dipandang menjadi kebutuhan yang urgen dan vital untuk memediasi, memfasilitasi dan mempersatukan perbedaan masyarakat yang majemuk ini menjadi kekuatan yang utuh membangun, ujar Bupati.

Bupati berpesan kepada seluruh tokoh lintas agama se-Kutai Barat bekerjasama dengan tokoh adat, tokoh masyarakat, pemuda dan wanita dapat mengoptimalkan peran dan fungsinya mengarahkan dan membina kualitas hidup umat beragama di Kutai Barat melalui penguatan iman dan taqwa. Tingkatkan program kegiatan yang menyentuh langsung sisi kehidupan masyarakat. Kiranya program ini dapat menjadikan pribadi yang lebih berkualitas.

Kemudian, dalam penggunaan media sosial saya harap kita semua umat beragama dapat menggunakan media ini secara bijak. Gunakan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi komunikasi ini sebagai media komunikasi massa yang memperkaya khasanah hidup kita dalam sosial bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bukan untuk melakukan tindakan membuli salah satu keyakinan tertentu, mencemooh, mengomentari perbedaan dalam sikap tidak etis lainnya.

Serta selanjutnya melalui saluran komunikasi antar agama yang ada saya harap dapat difungsikan secara efektif dan lebih kontributif lagi dalam mendukung suksesnya pembangunan kualitas sumber daya manusia Kutai Barat musyawarah. Dan ini dapat dilaksanakan dengan menggiatkan kegiatan semacam ini seperti yaitu dialog umat beragama,  temu muka atau temu publik, kerjasama sosial masyarakat, pinta Bupati.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga sebagai Ketua BAMAG Kubar, Sahadi menambahkan kegiatan ini di latar belakangi dengan kemajemukan masyarakat Kubar yang tercermin pada beragamnya keyakinan yang dianut masyarakat.  Dengan adanya keragaman keyakinan tentunya menjadi modal besar dalam melaksanakan pembangunan. Namun disisi lain agama juga sangat sensitif yang dapat menjadi pemicu konflik, jika tidak dibina secara maksimal.

Dimana tujuan kegiatan ini memberikan pemahaman kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dalam meningkatkan dan menumbuhkembangkan serta memumpuk kerukunan umat beragama di Kabupaten Kutai bar. Serta mengerti dan memahami pentingnya memupuk kerukunan umat Bergama di Kabupaten Kutai Barat supaya tetap aman dan damai.

“ Maka marilah kita semua terus menumbuhkembangkan dan memupuk rasa cinta damai, agar Kab Kubar semakin solid kedepannya. Dalam memelihara kerukunan umat beragama,” ajak Sahadi.

Hal senada dikatakan, Ketua FKUB Kubar, Ev Petrus Setian menambahkan ini merupakan kegiatan perdana dengan mengadakan kegiatan dialog tokoh-tokoh agama, dimana temanya Memupukkan Kerukunan Di Tanah Purai Ngeriman.  Dimana Bupati Kubar, FX Yapan menjadi pembicara dalam dialog ini, jelasnya. (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>