Kabupaten Kutai Barat

Kejuaraan Bola Volly Sendawar Open 2017

KB-6-Voly (2)

SENDAWAR – Kejuaraan Bola Volly Sendawar Open, Piala Bupati Kutai Barat Tahun 2017, yang resmi digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Desnan kemarin, dibuka secara langsung oleh Bupati Kubar FX Yapan SH, dimana dalam pertandingan tersebut peserta memperebutkan total hadiah sebesar Rp 250 juta, Kamis sore (4/5).

Kejuaraan Volly Sendawar Open yang dimulai pukul 15.00 Wita, diikuti 19 Tim terdiri dari 8 club wanita dan 11 club pria. “Kejuaraan ini berlangsung selama enam hari ke depan mulai 4/5 (hari ini, red) hingga 9/4 mendatang. Dalam pembukaan pertandingan tersebut juga sudah dihadiri ratusan warga dari berbagai kalangan anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua berbondong-bondong datang ke Gedung Olahraga (GOR) Desnan, Kubar yang terletak di Jalan Sendawar Raya, Barong Tongkok. Untuk menyaksikan penampilan atlet volly terbaik tanah air. Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Yacob Tullur, Asisten III, Ketua TP PKK Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan, seluruh Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Kubar, Ketua KONI, DPD KNPI, Ketua PBVSI Kubar, Anggota DPRD Kubar, dan para tokoh olah raga di Kubar.

Adapun tim yang ikut serta kali ini dari kubu wanita Setkab B, KNPI Kubar, AMJ Bongan- Jempang, PU-OPD Kubar, KONI Kubar, Gajah Mungkur, Setkab Kubar dan TCM-BEK. Sementara untuk putranya ada Bram@STHA, KONI Kubar, Porprov Kubar, Batara Club, King Rarakuta, Singo Yuda, BVC TRANSTS’64, Barata, Rajawali, PAMAPersada, dan GH Samarinda.” Pertandingan ini dilakukan setiap hari dari pukul 15.00 Wita hingga 23.00 malam.

KB-6-Voly (3)
Sebelum mengawali sambutanya Bupati Kutai Barat FX Yapan SH, terlebih dulu memberikan ucapan selamat datang di Bumi Tanaa Purai Ngeriman kepada para peserta dan rombongan tim volly baik dari Kabupaten Kota di Kaltim dan wilayah di Indonesia, yang ikut serta dalam kejuaraan ini.

Sebab pada pertandiangan ini, masyarakat Kubar biasa melihat pemain favoritnya yang merupakan atlet Pro-Liga melalui layar kaca tv, kali ini dapat menyaksikan langsung penampilan memukau para atlet pro liga di GOR Desnan. Di mana sebanyak 19 tim yang berlaga dalam kejuaraan ini, masing-masing diperkuat oleh atlet tanah air.

Tujuan digelarnya kegiatan selain sebagai ajang hiburan untuk masyarakat juga sebagai upaya memotivasi para generasi muda di Kubar untuk berkiprah di dunia olahraga. Semoga kegiatan ini dapat memotivasi warga Kubar untuk berprestasi di dunia olahraga.
“Semoga kehadiran saudara (para atlet volly) sekalian membawa eratnya tali kekeluargaan dan silahturahmi kita semua serta membawa Kutai Barat ini siang dikenang dan malam menjadi impian,” ujar orang nomor satu di Kubar ini, yang di sambut dengan riuh tepuk tangan baik dari para atlet maupun ratusan warga yang hadir sore kemarin.
Dia menuturkan bahwasannya olahraga bola volly merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat digemari dari seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali Kubar. Sebab olah raga volly ini dilaksanakan sebagai kegiatan rutin dari segala lapisan umur baik tua maupun muda.“Olahraga ini sering meramaikan event-event besar seperti acara hari ulang tahun kemerdekaan 17 agustus, ulang tahun kampung, tanda persahabatan atau mempererat tali silahturahmi atau bahkan turnamen tingkat kabupaten, provinsi dan nasional,” ujarnya.
Kegemaran dan ketertarikan masyarakat di dalam kegiatan ini sesungguhnya menyiratkan bahwa para pemain volly ini tidak hanya bermain karena kegemaran namun disamping itu juga memiliki bakat dan potensi. Terbukti dari torehan prestasi yang membanggakan telah diukir tim U-22 PBVSI Kubar yang belum genap dua bulan dibentuk, dengan bermodal keberanian dan percaya diri dan kali pertama mengikuti kompetisi dan pembinaan, baru-baru ini telah berhasil meraih juara II di Proprov Kaltim.
Bupati berpesan kepada jajaran KONI, PBVSI yang hadir pada saat ini agar meningkatkan kepedulian , fokus dan perhatian terhadap pengembangan kegiatan cabor ini. Sebab turnamen semacam ini hendaknya dapat dijadikan ajang untuk mencari atlet muda dan berbakat.“Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah tindaklanjut dari kegiatan ini yaitu melaksanakan pembinaan, pendampingan, pelatihan skill permainan dan strategi yang lebih baik lagi, dilaksanakan secara berkesinambungan. “Harapan saya kegiatan ini tidak sebatas pada momentum insidental saja,” ucapnya. Kedua kepada jajaran PBVSI, agar tingkatkan sinergitas dan perluas jaringan kerjasama dengan pihak-pihak baik perusahaan yang berada di wilayah Kubar atau kepada perusahaan yang terkait. ”Harapan saya kegiatan olahraga dalam bentuk turnamen ini bukan hanya menjadi kepedulian dan fokus dari pemerintah saja, namun seluruh pihak dapat turut perduli untuk memajukan dunia olahraga dan menyehatkan masyarakat pada umumnya,” jelasnya.
Sebab partisipasi secara aktif seluruh lapisan masyarakat ini adalah bagian dari turut serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia. “Dari manusia sehat inilah akan melahirkan ide-ide, kreatifitas serta produktifitas yang membangun Indonesia lebih baik lagi kedepannya,” tegasnya.

Ketiga kepada seluruh para tim volly pada turnamen ini menang atau kalah bukan hal yang paling utama. Melihat ini sebagai ajang pembelajaran dan untuk mengasah kemampuan dan skill para pemain dalam olahraga volly ini serta untuk meningkatkan strategi permainan dalam tim. “Seperti halnya yang kita ketahui setiap olahraga permainan ini menyiratkan makna penting akan kerja tim dan solideritas,” jelasnya.
Untuk itu ia mengimbau setiap pemain tidak hanya tumbuh dan berkembang didalam cabor ini saja namun sebagai masyarakat menjadi pribadi yang mampu bekerja sama, bekerja keras dan memberikan yang terbaik demi kepentingan bersama atau masyarakat. (hms10).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>