Kabupaten Kutai Barat

Jawaban DPRD Kubar Terkait Tanggapan Pemerintah Terhadap 6 RAPERDA Inisiatif DPRD

KB-18- Menyangikan Inonesia Raya

SENDAWAR- Bertempat di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Kabupaten Kutai Barat, Senin (17/7) menggelar Rapat Paripurna VIII Masa Sidang II Tahun 2017 DPRD Kabupaten Kutai Barat, dalam rangka Jawaban DPRD Terhadap Tanggapan Pemerintah Tentang Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) Inisiatif DPRD Kab Kubar.

Sidang yang diKB-18- IKupimpin Ketua DPRD Kubar, Jackson Jhon Tawi, Wakil Ketua I, Paul Vius, diikuti 17 Anggota DPRD dari 25 Anggota DPRD Kab Kubar. Turut Hadir Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kubar, Drs Yacob Tullur, Assisten II, Drs Yohanes Kinam, Assisten III, Perwakilan Polres Kubar, Perwakilan Kodim 0912 Kubar, Perwakilan AURI Balikpapan, Perwakilan Kejaksaan dan Perwakilan Pengadilan Negeri. Jawaban tersebut dibacakan langsung Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah, Iku menyampaikan ucapan terimakasih sehubungan dengan tanggapan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat yang telah menyambut baik dan mendukung enam RAPERDA inisiatif DPRD 2017.

Iku menjelaskan dimana pada 10 Juli 2017 yang lalu DPRD mengajukan RAPERDA Inisiatif DPRD tahun 20
17 kepada Pemerintah. Adapun RAPERDA tersebut diantaranya, Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Lokal, Database jalan dan jembatan dalam wilayah Kabupaten Kubar, Hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kutai Barat. Kemudian, Raperda terkait pembangunan kebun kemitraan untuk masyarakat di sekitar perkebunan, serta penyelenggaraan jalan umum dan jalan khusus untuk kegiatan pengangkutan batu bara dan kelapa sawit.

“ Pada tanggal 13 Juli 2017 yang lalu, pemerintah daerah dalam hal ini Pemkab Kubar telah memberikan tanggapan terhadap penyampaian ke-enam RAPERDA tersebut. Hal ini menandakan adanya kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif didalam melaksanakan fungsinya menyusun tatanan kehidupan untuk mendorong kelancaran pelaksanaan pembangunan di Kubar, ” ujar Iku.KB-18- Jabat Tangan

DPRD Kubar dalam hal ini telah membentuk panitia khusus (PANSUS) Pembahas RAPERDA yang nantinya dimulai pada 24 Juli 2017 mendatang untuk membahas RAPERDA tersebut dengan tim dari Pemerintah daerah (Pemkab Kubar), jelasnya. Lanjut Iku, sehubungan dengan rencana, pembahasan diatas maka mengharapkan partisipasi kita bersama didalam Pembahasan RAPERDA tersebut. Baik dari seluruh anggota DPRD Kab Kubar masing-masing OPD maupun dari pihak-pihak lain yang terkait mengingat RAPERDA tahun 2017 berkaitan langsung dengan kehidupan rill masyarakat, pintanya.

Lebih lanjut ia terangkan, di bulan Juli 2017 menjadwalkan untuk membahas dua RAPERDA Inisiatif DPRD, yaitu hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kubar dan Data Base jalan dan jembatan dalam wilayah Kabupaten Kubar. Kemudian, empat RAPERDA Inisitaif DPRD lainnya akan dibahas bersama-sama dengan Sembilan RAPERDA usulan dari Pemerintah daerah dalam Bulan Agustus 2017 yang akan datang, pungkasnya.  (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>