Kabupaten Kutai Barat

Jadikan Momentum Hari Ibu Sebagai Meningkatkan Kualitas dan Kapasitas Diri

2017.MOMNTUM

SENDAWAR – Peringatan Hari Ibu yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Kutai Barat (Kubar) bersama Dharma Wanita Persatuan sukses digelar di Gedung Aji Tulur Jejangkat, (18/12).

Pada pegelaran acara yang dihadiri oleh ratusan undangan tersebut, diisi dengan berbagai rangkaian acara mulai dari Seremonial Pembukaan, Pemberian Bingkisan bagi Lansia, lomba Fashion Show Kebaya oleh TP PKK dan DWP Kubar. Dan dilanjutan dengan lomba Menghias Kue Tart oleh para Bapak selaku tamu undangan dari lingkungan pemerintahan, forkompimda, dan pimpinan Bank Kaltimtara Cabang Sendawar.

Dalam acara pembukaan Bupati Kutai Barat FX Yapan  menghimbau  para kaum perempuan di Kubar perlu meningkatkan kualitas dan kapasitas diri. Salah satunya melalui organisasi wanita TP PKK, DWP serta organisasi wanita lainnya.

“Diharapkan semua yang hadir dapat memotivasi, menggerakkan seluruh perempuan Kutai Barat untuk semakin berdaya dan melalui gerak dan langkah serta visi yang menjadi ruh dari masing-masing organisasi,”jelasnya.

Serta dapat diwujudnyatakan dalam peningkatan kualitas hidup kaum perempuan, yang ditandai dengan kiprah perempuan dalam berbagai peranan strategis seperti di bidang politik, hukum, pemerintahan, ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial, budaya bahkan hingga pertahanan keamanan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Yayuk Seri Rahayu menjelaskan bahwa melalui peringatan ini diharapkan kepada seluruh perempuan utamanya kaum Ibu agar termotivasi untuk setia mengabdi dan berkarya bakti dan semakin meresapi dan memaknai peran strategis kita sebagai perempuan.

“Tuhan memberikan kita memiliki perasaan dan kepedulian yang lebih dalam dibanding kaum pria, kita juga diberikan makna ganda bahwa selain diberi kesempatan berkarier kita juga diberi kesempatan untuk mencurahkan kasih sayang sebagai Ibu dari anak-anak generasi penerus bangsa”, jelasnya.

Ia juga mengajak khususnya kaum wanita, untuk mandiri secara ekonomi, politik, sosial dan budaya dan ikut serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa serta menjaga kondusifitas.

Selanjutnya Ketua Panitia Penyelenggara Hj. Isdalena Arkan dalam laporan menyebutkan  tujuan dari kegiatan ini adalah mewujudkan kaum perempuan dalam hal ini adalah para Ibu se-Kutai Barat  untuk memiliki kesadaran dan pemahaman yang baik akan pentingnya peran serta seorang Ibu bagi anak, suami dan lingkup dalam kehidupan sosial bermasyarakat bahkan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“tindak lanjut dari peringatan Hari Ibu ini kiranya menjadi momentum agar para Ibu di Kutai Barat secara dewasa dan bijaksana memaknai fungsi dan peranan seorang Ibu ditengah upaya optimalisasi kesetaraan peran wanita dan pria dalam upaya pemenuhan kebutuhan dan kelangsungan hidup manusia”, tegasnya.

Pelaksanaan kegiatan peringatan hari Ibu ke -89   kali ini memiliki tema nasional yaitu  “Melalui Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan menuju Indonesia berdaulat, mandiri dan berkepribadian yang kemudian diturunkan dalam sub tema “Optimalisasi kesetaraan Perempuan dan Laki-laki demi mewujudkan pembangunan Kutai Barat yang berdaulat mandiri dan berkepribadian menuju hari esok yang lebih baik daripada hari ini” diharapkan mampu membawa perubahan yang mensejahterakan masyarakat.(ADV/hms11/NAW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>