Kabupaten Kutai Barat

Gotong Royong

Kb-25-Gotong Royong (1)

SENDAWAR – Bupati Kubar FX Yapan SH mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dengan cara melakukan gotong royong membersihkan lingkungan. Hal tersebut disampaikan Bupati kepada para Petinggi, Ketua RT dan masyarakat ketika melakukan peninjauan langsung pembangunan insfrastrukur yang mengunakan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Kampung (ADK) tahun anggaran 2017 di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Barong Tongkok, Sekolaq Darat dan Kecamatan Damai, Rabu (23/8).

Lebih lanjut Bupati mengimbau kepada Petinggi, RT dan seluruh elemen masyarakat unuk membuatkan jadwal paling tidak satu bulan satu kali melakukan gotong royong disetiap kampung. “Saya harapkan kedepan tidak ada lagi parit-parit yang buntu, oleh sebab itu melalui RT masing-masih harus mengerakkan warganya untuk bergotong royong paling tidak masyarakat bertanggung jawab membersihkan lingkungan dan pekarangan disekitar ruKb-25-Gotong Royong (3)mahnya masing-masing, apa bila sudah bertanggung jawab membersihkan masing-masing sudah pasti lingkungan bersih,” terang Bupati.

Pemerintah sudah membangun jalan dengan parit, tugas masyarakat memelihara fasilitas tersebut dengan cara merawat dan membersihkannya. “Sebenarnya masyarakat  sangat mudah di bawa bergotong royong asalkan ada yang mengerakkannya, oleh sebab itu Petinggi dan ketua RT bertanggung jawab untuk menggerakan masyarakatnya masih-masing untuk melaksanakan kegiatan gotong royong dalam wilayah masing-masing,” kata Bupati.

Begitu juga menjelaskan terutama Kecamatan dan kampung-kampung yang masuk dalam wilayah Ibu Kota Kabupaten diharapkan sepanjang jalan dalam wilayah kampung masing-masih bisa dibersihkan, karena wilayah Ibu Kota Kabupaten menjadi contoh bagi Kecamatan dan Kampung lainnya.

Selain jalan protokol, jalan-jalan ke kebun juga harus dibersihkan.”Setiap warga masyarakat pulang dari kebun atau ladang diharapkan menyempatkan waktu 5-10 menit untuk membersihkan jalan kebunnya, jika setiap hari dilakukan seperti pembersihan sudah pasti jalan menuju kebun bersih, dan anggap saja kegiatan tersebut  sebagai olahraga,” ajak Bupati.

Sekali lagi para ketua RT diharapkan bisa membawa warganya membersihkan lingkungannya masing-masing untuk membantu Pemerintah Kabupaten, karena jika hanya Bupati sendiri membangun Kubar ini tentu saja tidak bisa oleh sebab itu perlu dukungan dan peran serta seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama kita membangun Kubar yang kita cintai ini menuju Hari Esok Lebih Baik Dari Pada Hari Ini.(hms10)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets