Kabupaten Kutai Barat

Fokus Bangun Infrastruktur Jalan Guna Genjot Ekonomi

2017. TUNTASKAN

SENDAWAR-Pembangunan infrastruktur jalan antar kampung, menjadi prioritas dan komitmen pemerintah dalam menuntaskannya secara bertahap. Salah satunya di lokasi Kecamatan Jempang.

“Apabila jalan ini sudah selesai, mampu menggenjot dan meningkatkan perekonomian lokal masyarakat,”kata Wakil Bupati Kubar H Edynato Arkan SE, saat meninjau jalan antara Kampung Tanjung Isuy menunju Simpang Kampung Muara Nayan, belum lama ini.

Di mana jalan itu  telah dikerjakan sepanjang lima kilometer sementara yang belum dikerjakan sekitar tujuh kilometer. Jalan ini lah, menjadi kepedulian PT London Sumatra (Lonsum) yang bergerak di industri perkebunan kelapa sawit, memberikan bantuan secara percuma.

Tanpa ada pembiayaan dalam melakukan perbaikan yakni berupa, jalannya tersebut di grid dan dipadatkan dengan alat berat. Sehingga jalannya bagus dan terlihat terawat.

Perawatan oleh PT Lonsum, bukan hanya dilakukan di jalan tersebut, namun jalan di kampung-kampung yang ada di sekitarnya.

“Bentuk kerjasama ini lah, yang sebenarnya menjadi harapan pemerintah di dalam adanya investasi investor yang beroperasi di Kubar,”ujarnya.

Sehingga keberadaan perusahaan dapat memberikan manfaat. Untuk itu bagi perusahaan lain yang beroperasi di Kubar, bisa membuka diri kepada masyarakat yang ada di kampung sekitarnya, terutama merawat jalan yang sama-sama digunakan. Membantu membuka akses jalan antara kampung dan kampung yang tidak mungkin dilewati, misalnya karena adanya sungai. Bisa dilewati melalui tepi perkebunan sawitnya.

Inilah yang sudah dilakukan PT Lonsum, kepada beberapa Kampung Kecamatan Jempang diantaranya, Tanjung Isuy, Muara Ohong dan Tanjung Jan. “Ini kita harapkan menjadi contoh bagi perusahaan lainnya di Kubar,”imbaunya. (ADV/hms6/NAW).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>