Evaluasi Dan Bangun Keakuratan Data PPA, Selenggarakan Pelatihan Simfoni-PPA. Selasa (06/8/2019)

Evaluasi Dan Bangun Keakuratan Data PPA, Selenggarakan Pelatihan Simfoni-PPA. Selasa (06/8/2019)

Poto Bersama peserta Pelatihan SIMFONI-PPA 2019.kominfo Lsr.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR - Sejalan dengan kebijakan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PP-PA). Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kutai Barat telah memulai pelaksanaan sistem pencatatan dan pelaporan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (SIMFONI-PPA). di kantor DP2KBP3A Kutai Barat

Dan Dinas PPKBP3A telah melaksanakan rapat dengan 40 peserta yang terdiri dari 16 kecamatan di Kabupaten Kutai Barat 16 0rang, beberapa Puskesmas 5 Orang, RSUD, Unit PPA Polres, Dinas Kesehatan dan dari Kemenag Kutai Barat masing-masing dihadiri 2 orang.

Ketua Pelaksana kegiatan Anastasia Bety W. A menjelaskan, kegiatan rapat ini bertujuan meningkatkan komitmen petugas dalam melakukan pengelolaan data kekerasan sesuai tata laksana dan mekanisme yang benar. dan mensosialisasikan hasil pengembangan sistem aplikasi pencatatan dan pelaporan SIMFONI-PPA kepada admin atau petugas pengelola data kekerasan tingkat Kabupaten/Kota.

"Selain itu pula yakni mengevaluasi kinerja petugas (admin dan operator) pengelola data kekerasan di tingkat Kabupaten/Kota dan mengevaluasi, mengedit data yamg kurang tepat, guna terwujudnya CLEAN DATA menginput data kekerasan tahun 2019 bagi yang belum lengkap serta meningkatkan koordinasi pengelolaan data kekerasan antar jejaring di unit pelayanan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak," jelasnya di Ruang Rapat Lt I DP2KBP3A.

Kepala Dinas DP2KBP3A menuturkan, hasil pemantauan dan evaluasi menunjukkan masih ada beberapa pihak yang belum melakukan entry data secara aktif dan riil Time.  Hal tersebut dikarenakan masih adanya perbedaan pemahaman dalam mekanisme pencatatan dan pelaporan kekerasan perempuan dan anak, hal ini diakui masih lemahnya koordinasi antar lembaga layanan.

"Beberapa petugas data di daerah dialih tugaskan ke tempat lain, tidak ada transfer knowledge kepada petugas baru, dan jaringan internet yang kurang memadai.  Seiring dengan permasalahan ini  dalam upaya mendapatkan data yang akurat dan valid, menuju terwujudnya "Satu Data kekerasan Nasional", perlu dilakukan peningkatan kapasitas dalam bentuk pelatihan SIMFONI-PPA," jelasnya.

Dilanjutkannya kembali bahwa hasil yang diharapkan ialah adanya potret kinerja petugas (admin dan operator) pengelola data kekerasan di masing-masing instansi.  Dan data kekerasan tahun 2019 secara optimal dapat dimasukan untuk mekanisme koordinasi pengelolaan data kekerasan antar jejaring di unit pelayanan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak", bebernya menambahkan.kominfo Lsr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kubar

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemkab@kutaibaratkab.go.id