Kabupaten Kutai Barat

Dialog Langsung Dengan Kelompok Tani Dan Masyarakat Kecamatan Bongan

KB-18-Kungker (2)

SENDAWAR – Untuk membangun Kubar menjadi lebih baik lagi, Pemkab Kubar melakukan kunjungan kerja ke 16 Kecamatan dimulai dari Kecamatan Bongan. Kunjungan kerja tersebut untuk berdialog langsung dengan masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh pemuda serta kelompok tani untuk mengetahui secara langsung Program pembangunan yang dibutuhkan masyarakat disetiap kampung dalam wilayah Kecamatan Bongan. Membangun suatu daerah tidak akan mampu dilakukan Pemkab sendiri jika tidak didukung oleh seluruh elemen masyarakat dan ini diawali dengan pengumpulan informasi dan data.

Dalam dialog yang dilaksanakan di Gedung BPU Jambuq Makmur Kecamatan Bongan, Wakil Bupati H Edyanto Arkan SE menuturkan, kunjungan kerja ini Pemkab Kubar memang sengaja melibatkan langsung Dinas Badan terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas PU, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Tenaga Kerja serta DPRD Kubar. Dengan dialog yang kita lakukan maka Pemkab dan DPRD secara langsung bisa mendengarkan permasalahan baik di kelompok tani maupun di masyarakat khususnya di Kecamatan Bongan, Kamis (16/3).

Selanjutnya untuk tahun 2017 di Kecamatan Bongan ada 26 program pembangunan yang akan dilakukan yakni, Peningkatan Jalan Lemper, Deraya,Tanjung Soke, Gerunggung. Peningkatan Jalan Poros Siram Makmur, Siram Jaya. Pembangunan Jalan Dan Jembatan Di Kampung Muara Gusiq. Peningkatan Daerah Irigasi Resak, Peningkatan Irigasi Daerah Muara Kedang. Pembangunan Irigasi Persawahan Penawai. Pembangunan Irigasi Persawahan Melajau. Semenisasi Jalan Dalam Kampung Bukit Harapan. Semenisasi Gang RT I, II, III Jambuk. Rehab Jembatan Kampung Penawai RT 03 dan 04 Bongan. Rehab Jalan dan Jembatan Kampung Muara Siram. Penurapan Halaman Masjid RT II Jambuk. Peningkatan Jalan Poros Pering Taliq. Peningkatan Jalan Poros Penawai.

Peningkatan Jalan Muara Simam, Resak. Penimbunan dan Semenisasi Jalan Kampung Resak. Peningkatan Badan Jalan Siram Makmur Menuju Bukit Harapan. Semenisasi Beton Bertulang Jalan Poros SDN 009 dan SMK 01 Bukit Harapan. Semenisasi Jalan Dalam Kampung Jambuk. Semenisasi Jalan Jambuk Makmur. Pembangunan Jalan Bukit Harapan, Siram Makmur, Siram Jaya, dan Muara Siram. Peningkatan Jalan Langgar Kampung Muara Gusik. Semenisasi Halaman Kantor Camat Bongan. Peningkatan Jalan SMP Jambuk Makmur, PDAM Bongan, Serta Semenisasi Gang Masuk RT I Dan RT II Muara Siram

Dalam kesempatan tersebut Wabup juga menuturkan, kondisi keuangan Pemkab Kubar yang hampir setengah berkurang dari pada anggaran tahun sebelumnya sehingga harus mengatur pembelanjaan sehemat mungkin, dan untuk beberapa daerah ada kegiatan yang sementara waktu ditiadakan tetapi untuk di Kecamatan Bongan ada 26 kegiatan. Alasan mengapa kegiatan tahun ini banyak dilakukan di Kecamatan Bongan, karena sebelumnya di Kecamatan Bongan belum banyak mendapat perhatian, sehingga saat ini Pemerintah secara khusus memberikan perhatian kepada daerah/kecamatan yang belum banyak mendapatkan perhatian sebelumnya.

Untuk itu Wabup berharap, dimana masyarakat sudah mendengar langsung beberapa kegiatan yang akan dilakukan dapat membantu kelancaran pembangunan ini, sehingga program yang ada di Kecamatan Bongan ini dapat terealisasi 99 persen, sekali lagi dukungan dari seluruh masyarakat sangat diharapkan. “Sebab jika program tersebut tidak terlaksana dengan maksimal, misalnya hanya 50 persen maka tahun yang akan datang Kecamatan Bongan dianggap tidak perlu lagi pembangunan, untuk itu diharapkan masyarakat bersama-sama mengawal sehingga pembangunan dapat terlaksana dengan baik dan maksimal,” kata Wabup. (hms10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>