Kabupaten Kutai Barat

Dana Transfer Dari Pemerintah Pusat Dan Provinsi Kaltim Tepat Waktu Dapat Membantu Serapan Anggaran Enam Bulan Berikutnya. Senin, (12/08/2019)

Rekomendasi DPRD

Sekda Kutai Barat mewakili  Bupati Kutai Barat menghadiri Rapat Paripurna kominfoWln.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBARKAB-SENDAWAR – Rapat Paripurna Istimewa II Masa Sidang II tahun 2019 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kutai Barat, menyampaikan Rekomendasi DPRD ke Kepala Daerah terhadap Laporan Realisasi Semester Pertama APBD dan Prognosis Enam Bulan berikutnya T.A 2019 (Senin, 12 Agustus 2019) di Ruang Sidang Utama DPRD Kutai Barat.

Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kutai Barat Jackson John Tawi, dan unsur Pemerintahan diwakili oleh Sekda Kutai Barat Yacob Tullur, dalam rangka menyampaikan Rekomendasi DPRD kepada Kepala Daerah, yang sebelumnya telah dibahas pada Rapat Panitia Khusus (Pansus) dan Komisi DPRD Kutai Barat, terakhir dilaksanakan rapat oleh Pansus dan Pemerintah tanggal 22 Juli 2019 dan pada hari ini dilaksanakan rapat gabungan dalam Paripurna Istimewa ke-16 masa sidang II menyampaikan Rekomendasi.

Beberapa rekomendasi yang dirangkum sebagai pengarah dan pengingat kegiatan yang akan dijalankan Pemerintahan Kutai Barat diantaranya : Pengendalian intern keuangan daerah lebih ditingkatkan dengan mengedepankan prinsip penghematan, efisiensi, efektivitas, responsif, transparan, bertanggungjawab, adil, dan wajar.  Kemudian Peningkatan SDM berupa Bimbingan Teknis (BIMTEK), Sosialisasi, Pelatihan bagi PNS dan TKK yang menangani Pelayanan dan Administrasi Publik kepemerintahan agar semakin handal.

Berdasarkan Nota Pengantar yang telah disampaikan oleh Bupati Kutai Barat, maka Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dicatat semester pertama dengan sisa anggaran untuk progress 6 bulan kedepan berjumlah 55,66%. Selanjutnya komponen Pendapatan Pajak Daerah 113,94%, hasil Retribusi Daerah 45,78%, hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang dipisahkan sebesar 85,87%, dan lain-lain PAD yang sah sebesar 37%.

Ketua DPRD Kutai Barat Jackson John Tawi  mengatakan, “Hal ini menunjukan bahwa kinerja yang dihasilkan oleh OPD terkait untuk mewujudkan realisasi tersebut telah cukup baik. Semoga seterusnya dapat mencapai target bahkan jumlahnya semakin meningkat untuk membantu membangun Kutai Barat yang semakin adil, mandiri, dan sejahtera berlandaskan ekonomi kerakyatan, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” terangnya

Lebih lanjut Ketua DPRD berharap “semoga serapan anggaran belanja di sisa waktu enam bulan ke depan akan dapat mencapai hasil sebagaimana yang telah ditargetkan, dan dana yang ditransfer dari Pemerintah Pusat atau Provinsi dapat diterima tepat waktu, jauh dari hambatan, baik internal maupun eksternal.” Kominfo Dpn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>