Kabupaten Kutai Barat

Bupati Kubar Terima Enam Penghargaan Dari Gubernur Kaltim

KB-10- Hut Kaltim (1)
Bupati Kubar FX Yapan SH, menerima penghargaan dari Gubernur Kaltim, dimalam anugerah Kalimantan Timur, di Plenay hal Sempaja Samarinda.

Bupati Kubar FX Yapan SH, menerima penghargaan dari Gubernur Kaltim, dimalam anugerah Kalimantan Timur, di Plenay hal Sempaja Samarinda.

SAMARINDA –Sebuah Kado Istimewa dipersembahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubar, kepada masyarakatnya, diawal tahun 2018 ini. Selasa 9/1 tepatnya pada HUT ke 61 Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Kubar berhasil menorehkan enam prestasi . Yang diSerahkan langsung oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, kepada Bupati Kubar FX Yapan SH.

Prestasi yang diterima orang nomor satu di ‘Tanaa Purai Ngeriman’ ini Diantaranya adalah dua Panji yakni Panji keberhasilan pembangunan dibidang kehutanan, dan Pengelolaan Keuangan Daerah. Yang diserahkan pada Upacara Peringatan HUT Ke – 61 di Stadion Madya Sempaja Samarinda, Selasa pagi (9/1).

Lalu penghargaan selanjutnya Pemkab Kubar berhasil menjadi juara ke dua dibidang Dekranasda, Pendidikan, dan Penyelenggaraan Diklat Aparatur. Lalu juara III  dibidang Perdagangan. Untuk penyerahan trophy dan piagam penghargaan yakni juara II dan II dilaksanakan pada Malam Anugerah Kaltim di Plenary Hall Sempaja Samarinda Senin malam oleh Gubernur Provinsi Kaltim Kepada Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kubar FX Yapan SH mengungkapkan ucapan rasa syukur atas prestasi yang diraih. Yakni kubar mendapatkan banyak  panji-panji. Dan mampu mempertahankan panji pengelolaan keuangan terbaik se Kalimantan Timur, inilah yang sangat kita banggakan.” Walaupun pada saat ini Kubar hanya mendapatkan dua panji, tetapi panji pengelolaan keuangan terbaik adalah inti dari semua panji yang ada” tegas FX Yapan.

Berkaitan dengan mendapatkan perolehan panji pengelolaan keuangan. Ia mengimbau  kepada Perangkat Daerah harus mendukung upaya mempertahankan Opini dari BPK RI yankni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terbaik se Kaltim.

“Bupati tidak akan melakukan  intervensi dalam pengelolaan keuangan, Bupati hanya mengingatkan agar PD dalam pengelolaan keuangan transparan tidak Mark Up dan tidak piktif, tiga azas tersebut harus dipegang teguh,”jelasnya.

Ia menjelaskan di mana saat ini Kubar sudah dua tahun memperoleh WTP dengan predikat pengelolaan keuangan terbaik, inilah inti dari seluruh panji yang diterima.

Selanjutnya dengan mendapat panji keberhasilan dibidang kehutanan, kedepan diharapkan tata kelola hutan bisa sesuai peraturan dan kebutuhan masyarakat di Kubar. “Kubar memiliki beberapa hutan adat yang memiliki kekuatan Hukum/SK yang memang harus terus kita jaga dan pelihara, seperti Hemaq Pasok dan Hemaq Beniung, jelaskan.

Selain itu pihaknya juga akan mengusulkan perubahan status taman anggrek kersik luway yang masuk dalam cagar alam.  Bisa diturunkan menjadi hutan lindung. Sebab kata Yapan,dengan status hutan lindung maka anggrek yang ada bisa dipelihara.” jika statusnya masih cagar alam maka kita tidak akan bisa berbuat apa-apa,” tegas Bupati.

foto bersama dengan Gubernur Kaltim. Turut hadir Ketua Dekranasda Kubar. Yayuk Seri Rahayu, Wakil Ketua 1 TP PKK. H Isdalena.

Foto bersama dengan Gubernur Kaltim. Turut hadir Ketua Dekranasda Kubar. Yayuk Seri Rahayu, Wakil Ketua 1 TP PKK. H Isdalena.

Bupati juga memaparkan, dengan menerima panji-panji dan penghargaan diharapkan bisa memberikan motivasi kedepan terutama PD dilingkungan Pemkab Kubar harus turun lapangan dan bekerja keras sehingga kedepan kita bisa memperoleh panji-panji lebih banyak lagi sesuai Motto Hari Esok Lebih Baik Daripada Hari Ini.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan menjelaskan walaupun ditahun 2018 Dekranasda mendapatkan peringkat II, peringkat tersebut menurun dari peringkat tahun 2017  yakni peringkat I, kita tetap bersyukur karena kita masih mendapatkan juara” Kedepan kita terus berusaha agar kita bisa lebih baik lagi, untuk program di 2018 difokuskan pada pembinaan-pembinaan para pengrajin yang ada.” Tandasnya (ADV/hms10/NAW).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>