Kabupaten Kutai Barat

BIMTEK LAKIP Dan Perjanjian Kinerja

KB-21- Serahkan Miniatur Pohon Benggeris

SENDAWAR- Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Bagian Organisasi dan Tata Laksana (ORTAL) melaksanakan Bimbingan Teknis dan Pendampingan Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dan Perjanjian Kinerja.

Pelaksanaan yang  bertempat di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat (ATJ), Kamis (20/7) berlangsung selama dua hari ini. Dibuka langsung oleh Bupati Kutai Barat, FX Yapan, dihadiri Kepala Dinas, Badan, Kantor, Camat dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, serta petugas pembuat LAKIP di tiap-tiap OPD.

Bupati Kubar, FX Yapan mengatakan, dengan kegiatan Bimtek ini dapat memotivasi dan memberikan dukungan bagi petugas pembuat LAKIP di tiap-tiap OPD, sebab yang diinginkan output  yang jelas dari kegiatan ini.

“ Bagian terkait harus berkomunikasi dan berkoordinasi tiap-tiap OPD, dituntut proaktif bagi Kepala Dinas, Badan, Kantor, Bagian di tiap-tiap OPD. Tentunya dari masing-masing Kepala Dinas, Badan, Kantor, Bagian mengutuskan orang yang memiliki etos kerja dan kinerja serta SDM yang berkualitas sebagai petugas pembuat LAKIP ini,” pintanya.

Tidak hanya itu, Bupati juga meminta agar ditiap-tiap Dinas, Badan, Kantor , Bagian pada masing-masing OPD dibentuk Tim yang tugasnya membantu dalam pembuat LAKIP, serta membuat pemetaan masalah di tiap-tiap OPD dan juga membuat upaya (action plan) dari pemecahan masalah tersebut, kemudian akan diketahui hasilnya, tentunya di tiap-tiap OPD memiliki SOP, pintanya lagi.

Sehingga kedepan dapat memudahkan dalam upaya merancang berbagai kegiatan yang berorientasi pada hasil, dimana menuju penyelenggaraan pemerintah Kabupaten Kutai Barat yang lebih baik daripada Hari Ini. Serta menjamin peningkatan penilaian akuntabilitas kinerja serta secara efektif dan efisien pada tingkat Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat dan SKPD, maka fungsi pembinaan, pengawasan dan pengendalian sangat penting untuk menjamin skenario implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tersebut, ujar Bupati.

Kepala Bagian Ortal pada Setkab Kubar, Erik Victory, menambahkan tujuan diadakannya kegiatan ini untuk meningkatkan nilai kinerja dan kapasitas pada tiap-tiap OPD agar bisa mencapai target. Berbagai kendala diantaranya, keikutsertaan para petugas pembuat LAKIP di tiap-tiap OPD masih banyak yang belum mengerti karena format ada yang baru, makanya perlu disosialisasikan lagi, jelasnya.

Kedepan yang harus dilakukan oleh Pemkab Kubar diantaranya, melakukan review dokumen RPJMD dan Rencana Strategi (Renstra) perangkat daerah untuk memastikan bahwa dokumen-dokumen tersebut dapat memberikan arah yang jelas sesuai dengan prioritas daerah dalam upaya pencapaian target-target jangka pendek dan menengah yang berorientasi pada hasil. Kemudian melakukan perbaikan terhadap laporan kinerja, perjanjian kinerja dan indikator kinerja utama (IKU) yang sesuai dengan format regulasi terbaru. Serta membuat dokumen rencana aksi kinerja sasaran perangkat daerah tahun 2017 dan cascasding kinerja mulai dari eselon II,III dan IV yang mencakup tujuan dan sasaran yang dilengkapi dengan indikator kinerja utama yang relevan, spesifik dan terukur dan benar-benar sesuai dengan tugas dan fungsi yang dijalankan masing-masing perangkat daerah, pungkasnya.

Sementara itu, nara sumber yang juga Kepala Bagian Kinerja dan Anggaran Deputi Bidang Reformasi dan Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan pada Kementrian Pendayaagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Agus Din Muttakin menambahkan, kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan yang beberapa waktu lalu telah dilaksanakan di Balikpapan, mengundang beberapa Kabupaten.

“Kegiatan ini juga adanya peningkatan komitmen dari Kepala Daerah (Bupati) dan Kepala OPD supaya lebih mempercepat peningkatan implementasi SAKIP di tiap-tiap OPD. Makanya kita langsung fokus kesana, serta membimbing langsung sehingga ada pengawalan yang nantinya dapat lebih efektif,” bebernya.   (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>