Kabupaten Kutai Barat

Berupaya Membangun Kesadaran Masyarakat Dalam Penanggulangan, Pencegahan Daerah Rawan Bencana. Kamis (11/04/2019)

Rakor Bencana

Pertama dari kanan Kepala BPBD Jenton, menyampaikan laporan pada rakor HKB. Kominfo Lsr.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR – SENDAWAR – Dalam rangka persiapan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana  (HKB) dilingkungan Pemerintah Kutai Barat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kutai Barat melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral. bertema ‘Siap untuk selamat kita jaga alam, alam jaga kita’, dilaksanakan di Kantor Setdakab Kutai Barat.

Kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana yang berlangsung hingga 26 April 2019 mendatang  ini bertujuan membangun kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga dan mencegah terjadinya bencana mulai dari lingkungan yang terkecil yaitu keluarga, komunitas, sekolah dan kantor.

Assiten II Bidang Ekonomi, Pembangunan dan SDA Ayonius,  “persiapan ini dilakukan dengan baik, karena ini merupakan agenda rutin nasional setiap tahunnya, dan merupakan tanggung jawab bersama agar dapat tepat sasaran,” harapnya saat membuka kegiatan Rakor.

Kepala Dinas BPBD Jenton menjelaskan, kegiatan HKB ini serentak seluruh Indonesia dan diharapkan seluruh masyarakat di Kabupaten Kutai Barat turut berpartisipasi guna menjaga atau mencegah terjadinya bencana.  “Bagaimana membangun kerja sama dalam mengatasi masalah  penanggulangan, pencegahan pada daerah rawan bencana dan membangun kesadaran masyarakat bahwa pencegahan bencana merupakan tanggung jawab kita semua,” ungkapnya.

Kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana meliputi Latihan Evakuasi Mandiri yang dilaksanakan disekolah, perkantoran, tempat ibadah, rumah sakit dan permukiman, selama bulan April 2019, menyelenggarakan pelatihan Evakuasi Bencana, kemudian uji Serine Peringatan bisa berupa kentongan, pengeras suara, toa atau lonceng, serta kegiatan pendukung lainnya yang dilaksanakan secara masal seperti kegiatan penghijauan, bersih dan penanaman sungai/pantai.

Acara Rakor Hari Kesiapsiagaan Bencana yang dibuka oleh Asisten II Ayonius dan dihadiri Polres Kutai Barat, Kodim 0912/KBR beserta seluruh tim rapat yang terdiri dari Tim Tagana Dissos, Pramuka, para Camat beserta pihak Bank, Satpol PP serta perusahaan. Kominfo Lsr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>