Kabupaten Kutai Barat

Berikan Pelayanan KB

KB-27- Foto Bersama

SENDAWAR-  Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  bekerjasama dengan Kodim 0912 Kubar laksanakan Pelayanan Keluarga Berencana (KB). Pelaksanaan tersebut dilaksanakan di Lamin Kampung Geleo Baru, Kecamatan Barong Tongkok, baru-baru ini. Rusminah selaku Kepala Bidang Keluarga Berencana, Kesehatan Keluarga dan Pengendalian Penduduk  menjelaskan kegiatan pemberian pelayanan KB kesehatan bekerjasama atau bermitra dengan TNI yakni Kodim 0912 Kubar.

DijelaskannyaKB-27- Berikan Pelayanan KB (2), untuk saat ini pelayanan khusus dilakukan baik itu Pelayanan KB maupun pemberian penyuluhan. Pelayanan mencakup kampung terdekat seperti Geleo Baru, Geleo Asa, Muara Asa dan kampung-kampung terdekat sekitarnya. “ Ini merupakan tempat ketiga Pelaksanaan pemberian pelayanan KB. Dimana sebelumnya, telah dilakukan di Kampung Muara Mujan (kecamatan Tering) kemudian dilanjutkan dengan Launching KB di Kampung Jambuk ( Kecamatan Bongan),” tuturnya. Lebih lanjut Rusminah beberkan pelayanan KB ini dimana Pelayanan memasang alat kontrasepsi jangka panjang (MKJP) baik itu implant maupun alat IUD (Intra Uterin Devices) dibaca ayudi.

Tidak hanya memberikan pelayanan KB saja tetapi juga memberikan penyuluhan, dengan memberikan motivasi dan pengetahuan bagi ibu-ibu yang sudah terlalu lama mengkonsumsi hormon seperti pil, suntik termasuk implant.  Sebab hampir semua masyarakat tidak mengetahui bahwa semakin lama mengkonsumsi hormon dapat mempengaruhi kesehatan bagi ibu-ibu yang menggunakannya, jelasnya. Serta mengubah persepsi bahwa KB bukan berarti tidak boleh memiliki anak sama sekali, tetapi memberikan jarak lahir bagi anak demi keselamatan si ibu serta kesejahteraan keluarga, baik mampu fisik maupun finansialnya, beber RKB-27- Berikan Pelayanan KB (1)usminah.

Berharap dengan adanya penyuluhan KB ini para ibu-ibu mengetahui pemahaman seputar KB. Serta tidak hanya ibu-ibu saja, tetapi juga bapak-bapak juga konsen atau peduli akan KB ini, harap Rusminah. Sementara itu, Dandim 0912 Kubar, Letkol Inf Hendriawan Senjaya melalui Sutrisno salah satu perwakilan Kodim 0912 menambahkan ini merupakan kegiatan rutin. Bekerjasama dengan BKKBN serta hampir tiap triwulan dilaksanakanya kegiatan ini. “ Sejauh ini tidak ada kendala dalam pelaksanaan, sebab pihak-pihak terkait saling membantu, hal sama juga  Tim dokter dan alat-alat pendukung juga dilibatkan,” jelasnya.

Disinggung seberapa penting KB, beliau menjawab pentingnya KB sangat besar sekali , dimana dengan kehidupan ekonomi yang makin meningkat, jika banyak anak akan kerepotan. Makanya, dengan adanya KB dapat menjaga jarak lahir dan menentukan jumlah anak ini demi masa depan kesejahteraan anak tersebut,” jelasnya.   Diketahui, KB IUD (Intra Uterin Devices) dibaca ayudi, dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR). Sedangkan dimasyarakat biasa dikenal dengan istilah KB Spiral yakni suatu alat kontrasepsi yang pemasangannya dilakukan dengan cara memasukkan alat berbentuk T ke dalam Rahim.  (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets