Kabupaten Kutai Barat

Bentuk Karakter Generasi Muda yang Jujur

2017.2405.RATUSAN

SENDAWAR – Ratusan siswa/i pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) mengikuti Gebyar/gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (Gernas Manjur) di Gedung TP PKK Kubar di jalan Sendawar Raya,  Rabu 24/5. Hal itu dilakukan untuk menanamkan kejujuran sejak dini bagi anak-anak sebagai penerus bangsa.

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Bupati Kubar FX Yapan SH dan Ketua TP PKK Kubar Yayuk Seri Rahayu dan sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemkab Kubar.

“Kunci keberhasilan membentuk karakter generasi muda yang jujur, berintegritas tinggi, berakhlaq mulia, cerdas dan berkualitas, semuanya terletak adanya komitmen, kerjasama dan sinergitas antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, tenaga pendidik, orang tua dan lingkungan sosial,” tegas Bupati Kubar FX Yapan SH di sela – sela acara tersebut pukul 10.00 Wita.

Orang nomor satu di ‘Tanaa Purai Ngeriman’ ini menjelaskan melalui penguatan pendidikan karakter anak usia dini, akan disongsong lahirnya generasi baru cerdas berintegrasi.

Untuk itu ia mengharapkan penyelenggaraan PAUD Kubar yang telah mencapai 250 terdiri TK dan Play Group dengan jumlah siswa 5.830 orang dan guru 786 orang ini, tidak hanya berpusat di kecamatan atau Ibukota Sendawar saja. Namun sebaran PAUD ini ada di setiap empat kelurahan dan 190 kampung yang ada 16 kecamatan se-Kubar.  “PAUD wajib diselenggarakan secara merata,”tegasnya.

Sebab kata dia, pemerataan pelayanan pendidikan dilakukan demi adil dan meratanya pembangunan pendidikan yang berkelanjutan dan perwujudan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kubar secara keseluruhan, berkesinambungan dan berkelanjutan,”terangnya.

Himpaudi dan IGTKI diharapkan tidak pernah bosan untuk menanamkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terkait pentingnya fungsi dan tujuan PAUD dalam penguatan pengembangan, serta pembentukan karakter anak sejak usia dini.

Serta kepada penyelenggara PAUD terus meningkatkan kualitas SDM, kapasitas para guru PAUD dan tenaga pendidik, serta kualitas PAUD secara metode mengajar yang inovatif dan kreatif.”Seluruh lembaga PAUD terus berbenah diri, melakukan terobosan yang lebih baik,”imbunya.

Penyelenggara PAUD juga diharapkan dapat menjalin komunikasi yang baik, harmonis dan sinergis. Giatkan ragam pertemuan, forum komunikasi yang akrab. Berikutnya sosialisasikan dan informasikan apapun yang penting dan terbaru dalam penyelenggaraan pendidikan.

Wujudkan pemahaman orang tua mengenai pentingnya kerjasama dan pentingnya fungsi keluarga dan orang tua demi mendukung suksesnya pencapaian tujuan penyelenggaraan pendidikan. (ADV/hms6/NAW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets