Kabupaten Kutai Barat

Belogo Dan Begasing Adalah Olahraga Tradisional Yang Populer Di Masyarakat Kutai Barat (31/10/2018)

Belogo Dan Begasing Adalah Olahraga Tradisional Yang Populer Di Masyarakat Kutai Barat

Peserta Belogo Olahraga Tradisonal. Kominfo 26, kutaibarat.kab.go.id

Kemeriahan festival dahau 2018, masih berlangsung dalam sepekan ini hingga hari puncak peringatan hari jadi Ke-19 tahun Kabupaten Kutai Barat tanggal 5 November 2018 mendatang, Belogo dan begasing adalah olahraga tradisional yang populer di masyarakat kutai barat, kepingan logo yang terbuat dari batok kelapa dan bambu, kemudian gasing dibuat unik dari kayu bengris atau kayu ulin, dalam permainannya belogo dimainkan secara beregu, setiap regu terdiri dari tiga orang, yaitu kepingan logo yang diletakkan secara vertikal ditiga titik berderetan, dengan jarak untuk putra 8 meter atar titik kepingan tiga logo,  sedangkan untuk putri 5 meter atar titik kepingan tiga logo, berlomba menjatuhkan tiga kepingan logo yang menjadi target.

Peserta melepaskan gasing-photo Kominfo

Peserta melepaskan gasing-photo Kominfo

Sementara begasing merupakan permainan, menggunakan alat berupa gasing dan dan tali penarik. Gasing dibuat khusus dari kayu berbentuk lonjong (simetris radial) dengan diameter sekitar 10-15 centimeter, tinggi sekitar 15-20 centimeter dengan salah satu ujung dibuat lancip dan memiliki permukaan yang licin, dengan tali khusus panjang 1-1,5 meter. gasing kemudian dilemparkan kebawah seperti membanting sesuatu sehingga tali yang melilitnya membuat gasing tersebut berputar lamanya waktu putaran dan tidak keluar dai lingkaran khusus tersebut yang menentukan poin.

Olahraga tradisional belogo diikuti peserta sebanyak 165 orang yang terdiri dari regu putra 34 regu dan 21 regu putri, perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kutai Barat. berikut pemenang Olahraga Tradisional Belogo adalah : Belogo Beregu Putra Juara I Margo Singo C, Juara II Disperindakop, Juara III Geleo Baru C dan Belogo Beregu Putri Juara I Margo Singo A, Juara II Margo Singo F, Juara III Dispora

Sementara begasing Open festival Dahau 2018,  dimenangkankan Juara I Perwakilan Kecamatan Melak, Juara II Kecamatan Nyuatan, Juara III  Dinas Pemuda dan Olahraga Kutai Barat dengan peserta Begasing Open Beregu Putra 9 regu, 8 regu dari Kutai Barat dan 1 regu dari Bontang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>