Kabupaten Kutai Barat

Bangun Kekompakan, Dengan Olahraga Tradisonal Bakiak Dan Pakulele (1/11/2018)

Oltrad Bakiak dan pakulele

Peserta lomba olahraga tradisional bakiak, di halaman Kejaksaan Kabupaten Kutai Barat, photo kominfo, kutaibarat.kab.go.id

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR – Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman & Pertanahan (Perkimtan) Juara pertama dan ketiga Bakiak, disusul Juara kedua dari Dinas Pemuda dan Olahraga dalam Rangka memperingati hari jadi Ke-19 tahun Kabupaten Kutai Barat, melalui olahraga tradisonal bakiak dapat mengambarkan makna sub tema Festival Dahau 2018  “Dengan budaya sempekat dan kerukunan kita menjaga persatuan dan persaudaraan di Tanaa Purai Ngeriman.” Dimana permainan ini mengutamakan kekompakan dari masing-masing regu.

Peserta perlombaan olahraga bakiak diikuti 48 regu, 1 regu yang terdiri dari 3 orang yaitu 2 orang laki-laki dan 1 orang perempuan atau sebaliknya, yang merupakan perwakilan organisasi perangkat daerah.  Panitia olahraga tradisional bakiak menyampaikan bahwa permainan ini dimainkan oleh 48 regu dengan sistem race, setiap race teridiri 4 regu yang berkompetisi dan diambil 2 regu yang mencapai  finis dengan menempuh jarak 20 meter. Perlombaan olahraga tradisional Bakiak yang mempergunakan kayu panjang dengan ukuran tertentu, selain berjalan dengan mengayunkan kaki secara bersama juga menjaga keseimbangan gerakan kaki, jika tidak bisa makan akan terjatuh dan tidak mencapai finis.

peserta lomba olahraga tradisional pakulele,  photo kominfo, kutaibarat.kab.go.id

peserta lomba olahraga tradisional pakulele, photo kominfo, kutaibarat.kab.go.id

Di tempat sama juga dilaksanakan kategori olahraga tradisional Pakulele dimana permainan ini terdiri dari 33 regu, peserta antar OPD,  menggunakan stik lele terbuat dari rotan atau kayu yang panjangnya 8-12 centimeter, untuk perolehan poinnya beragam karena dalam 1 kelompok dapat 3 kali kesempatan memukul, menggunakan 3 gaya pukul ada yang dilempar, dipukul, dan dicungkil kepada lawannya, keluar sebagai juara pertama, Badan Kepegawaian Pendidikan & Pelatihan Daerah (BKP2D). Juara kedua Dinas Ketahanan Pangan (KETAPANG) dan Juara ketiga Satpol PP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>