Bagun Sinergitas untuk meningkatkan Ketahanan Pangan Daerah.  Senin (28/10/2019)

Bagun Sinergitas untuk meningkatkan Ketahanan Pangan Daerah. Senin (28/10/2019)

(Tiga dari kiri) Bupati Kutai Barat saat membuka Rakor DKP Prov Kaltim dan DKP Kutai Barat.kominfo Dpn.kutaibaratkab.go.id.

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Kutai Barat dalam Rangka Konsolidasi dan Koordinasi dengan DKP Provinsi Kalimantan Timur,  Rapat yang dibuka oleh Bupati Kutai Barat, didampingi Ketua TP PKK Kutai Barat, Kepala Dinas Ketapang Kutai Barat, Anggota DKP Kutai Barat dan DKP Kalimantan Timur sebagai narasumber, Senin 28 Oktober 2019.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2002 tentang ketahanan pangan, Pemerintah menyelenggarakan pengaturan, pembinaan, pengendalian, dan pengawasan ketersediaan pangan yang cukup baik dalam jumlah maupun mutu, aman, bergizi, beragam, merata, dan terjangkau oleh daya beli masyarakat.

Bupati Kutai Barat FX Yapan saat membuka rakor mengatakan, Pangan merupakan hal yang sangat penting dan strategis bagi masyarakat Kutai Barat dan Bangsa Indonesia mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama. "Oleh karena itu kerjasama dan peran aktif masyarakat Kutai Barat, dimana masing-masing individu maupun keluarga dalam peningkatan kualitas produksi dan proses pemasaran produk usaha pangannya untuk meningkatkan nilai produk dan pengenalan bahan yang berkualitas,” Jelanya.

Mewakili Kepala Dinas Ketapang Kutai Barat, sekretaris Dinas Ketapang Sri Mulyani Gamas menyampaikan, dalam rangka mendukung pemerintah mewujudkan hari esok lebih baik dari hari ini, pembangunan pangan dan gizi yang meliputi penyediaan, distribusi, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi, pencegahan keamanan pangan serta penaggulangan masalah pangan dan gizi.

Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan DKP Kalimantan Timur M.Alimuddin mengatakan, Mengingat pentingnya ketahanan pangan bagi suatu bangsa, maka DKP Provinsi Kalimantan Timur akan melakukan koordinasi dan konsolidasi kepada DKP Kutai Barat dalam terlaksananya peningkatan sinergitas program dan kegiatan guna meningkatkan ketahanan pangan di daerah ini, serta dukungan dari masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mengimpelementasikan kebijakan program ketahanan pangan.

“Nantinya diharapkan bisa menjadi bahan masukan dalam penyusunan perencanaan pemerintah Provinsi Kaltim di tahun kedepan, kemudian bagi masyarakat dapat menyediakan ketersediaan pangannya sendiri,” harapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya tujuan rakor ini dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dapat dilakukan melalui kerjasama antara dunia usaha dan masyarakat  yang difasilitasi oleh pemerintah. Dewan Ketahanan Pangan (DKP) sebagai Lembaga non struktural didaerah tugasnya adalah membatu Gubernur dan Bupati/Walikota dalam rangka meningkatkan sinergitas antar instansi khususnya merumuskan dan melaksanakan program pangan. “Melalui Koordinasi dan konsolidasi diharapkan dapat meningkat sinergitas serta dukungan pihak swasta dan masyarakat agar bisa berperan aktif dalam mengimplementasi kebijakan di daerah,” ungkapnya.

Untuk diketahui Tugas DKP Kabupaten/Kota hasil dari rakor ini antara lain merumuskan kebijakan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan;  mendorong   keikutsertaan masyarakat dalam penyelengaraan ketahanan pangaan; Melaksanakan   evaluasi   dan   pengendalian   perwujudan   ketahanan pangan Kabupaten; Membantu   dalam   mempersiapkan    pertanggung    jawaban   kepala daerah (Bupati / Walikota)  dalam  bidang  ketahanan  pangan  kepada legeslatif  dan masyarakat serta Melaksanakan sistem pembangunan pangan yang utuh. Kominfo Dpn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kubar

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemkab@kutaibaratkab.go.id