Kabupaten Kutai Barat

Apel Siaga Bencana

KB-14- Pungut Sampah

SENDAWAR-  Pemerintah Kabupaten Kutai Barat bersama dengan Kodim 0912 Kubar dan Bank Kaltim serta Komunitas Siaga Bencana adakan Acara Apel Siaga Bencana. Kegiatan ini dalam rangka HUT TNI Ke-72 dan Bank Kaltim ke-52. Rangkaian Apel tersebut yang dilaksanakan di Halaman Kodim 0912 Kubar, Kamis (12/10), dimana Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kubar, Drs Yacob Tullur sebagai Inspektur Upacaranya. Kemudian, dilanjutkan dengan Acara Bhakti Sosial memungut sampah di pinggiran Halaman Sungai Mahakam yang berada di Kecamatan Melak.

Sambutan Bupati Kubar, FX Yapan yang dibacakan Sekkab Kubar, Drs Yacob Tullur  menyampaikan semoga kegiatan ini dapat membawa perubahan nyata kepada seluruh masyarakat Kubar pada umumnya dan warga seluruh bantaran Sungai Mahakam untuk turut serta menjaga lingkungan, terutama pengembalian fungsi sungai sebagai sumber mata kehidupan bagi makhluk hidup yang berdiam disekitarnya baik flora maupun fauna serta sebagai penyeimbang alam.

Dalam tema HUT TNI ke-72 bersama rakyat kita kuat dan tema HUT Bank Kaltim ke-72 yakni Membangun Negeri Tiada Henti, dimana kedua tema tersebut senada dengan misi pembangunan butir ke-7, yaitu pemberdayaan peran kampung, pemuda dan perempuan sebagai  basis pembangunan masyarakat. Kita semua tanpa terkecuali menjadi basis utama pelaku aktif pembangunan bangsa untuk menjadi maju.

Dalam sambutan tersebut Bupati berpesan kepada seluruh warga tanpa terkecuali dapat menaruh perhatian besar atas permasalahan sampah ini, kita harus lebih cerdas dan bijaksana. Kepada komunitas Siaga Bencana sebagai penggagas kegiatan ini kiranya terus meningkatkan semangat untuk mengkampanyekan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan serta warga ikut menjaga kelestarian lingkungan. Dan yang terkahir kepada Dinas terkait agar dapat bekerjasama untuk melaksanakan program yang lebih mengarah pada pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ilmu pengetahuan terhadap penanganan sampah, pinta Bupati.

Sementara itu, Koodinator Komunitas Siaga Bencana, Yance menambahkan kegiatan ini melibatkan Kodim 0912 Kubar, Polres Kubar, Satpol PP Kubar, KNPI, Bank Kaltim dan juga perwakilan Gereja Bethel Indonesia di Kubar.

“Setelah selesai Apel dilanjutkan dengan kegiatan pemungutan sampah di bantaran pinggir sungai Mahakam. Pembagiannya ada 6 sektor titik dalam Keluarahan Melak Ulu dan Melak Ilir dan juga melibatkan hampir 250 orang. Meskipun kondisi dilapangan mengalami hambatan dan tantangan, namun dalam keadaan sesulit apapun akan semaksimal mungkin membantu masyarakat sesuai dengan take line komunitas Siaga Bencana Membantu Sepenuh Hati, supaya mampu mengatasi lingkungan mereka, supaya nyaman dan asri,” tuturnya.

Turut Hadir Dandim 0912 Kubar, Let Inf Rudi Setiawan, Polres Kubar, Bank Kaltim, Kepala Dinas, Badan, Kantor dalam wilayah Kubar, Ketua KNPI Kubar, FX Sumardi.  (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>