Kabupaten Kutai Barat

31 Juli 2017 Calon Jamaah Haji Kubar Akan Dilepas Dari Kubar

KB-22- Persiapan

SENDAWAR-  31 Juli 2017 mendatang Calon Jamaah Kutai Barat 1438 H atau 2017 akan direncanakan berangkat dari Kabupaten Kutai Barat.  Pelepasan pemberangkatan tersebut akan dilepas oleh Kepala Daerah Kabupaten Kutai Barat.

Untuk itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mengadakan Rapat Koordinasi terkait persiapan pemberangkatan Jamaah Haji Kutai Barat 1438H/ 2017, di Ruang Rapat Koordinasi lantai III, kantor Bupati baru-baru ini.

Rapat yang dipimpin Assisten I sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kubar, Silas Sinar. Dihadiri Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakanmenag) Kutai Barat, H Muhammad Isnaini, Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementrian Agama Kubar H Zulkifli, Perwakilan Dinas Perhubungan Kubar, Perwakilan Dinas Kesehatan Kubar, Perwakilan Satpol PP Kubar, Perwakilan Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Sosial (Kesrasos) Setkab Kubar, Perwakilan Polres Kubar, serta Pengelola Kapal.

Silas Sinar mengatakan Rapat ini dilaksanakan untuk mendengar kesiapan pada masing-masing pihak terkait. Seperti halnya kesiapan armada angkutan bus dan angkutan kapal dan juga kesiapan dari dermaga. Dengan fasilitas dermaga yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para calon jamaah haji Kubar 1438 H. Dimana para calon jamaah haji Kubar ada yang berusia lanjut dan juga ada yang menggunakan tongkat sehingga perlu menjadi perhatian khusus, katanya.

“Khusus untuk dermaga juga perlu kesiapan lebih matang, dimana beberapa hari sebelumnya harus lebih dicek lagi kesiapannya. Berharap petugas keamanan dapat membantu kelancaran kegiatan terutama penertiban kepada keluarga pengantar jamaah haji, bagi aparat keamanan Polres Kubar siap mengamankan acara pelepasan dan berharap selalu dikonfirmasi dalam setiap kegiatan,” terangnya lagi.

Sementara itu, Kakanmenag Kubar, H Muhammad Isnaini menerangkan Kutai Barat masuk dalam Kloter IV embarkasi Balikpapan. Berdasarkan jadwal, calon jamaah haji Kubar akan dilepas ada 31 Juli 2017 di Masjid Al-Mutaqqin Islamic Center, Melak sekitar pukul 13.00 wita.

Selanjutnya para calon jamaah haji Kubar akan diangkut menggunakan armada bus Pemkab dan Dinas Perhubungan Kubar menuju pelabuhan Kapal UPTD Dermaga Melak. Kemudian calon Jamaah Haji Kubar akan diangkut menggunakan armada kapal sungai KM Barokah 06 menuju Samarinda. Nantinya setelah sampai di Samarinda perjalanan akan dilanjutkan menggunakan armada Bus menuju Asrama Haji Batakan, Balikpapan dan juga menunggu sampai diberangkatkan ke Madinah. Rencananya jika sesuai jadwal akan diberangkatkan  ke Madinah pada 2 Agustus 2017 malam, terangnya.

Lanjutnya, Dari Dinas Kesehatan, selain dr.Zaenal yang bertugas mengawal jamaah  sampai ke tanah suci, terdapat satu petugas perawat yang akan mendampingi jamaah  selama perjalanan ke Balikpapan, ujarnya lagi.

H Muhammad Isnaini mengajak kepada dan mengimbau selalu kepada calon jamaah haji Kubar calon Jamaah Haji Kubar untuk  menyiapkan diri dengan  sebaik-baiknya dan masih ada waktu untuk lebih memperdalam lagi ilmu manasik haji. Mempersiapkan seluruh kelengkapan apa-apa  saja barang yang akan dipersiapkan untuk dibawa, serta mengecek dan menjaga kesehatan dan selalu up date informasi kekinian terkait Haji. Mudah-mudahan sepulangnya dari Makkah akan menjadi haji mabrur dan jumlahnya sama dengan yang berangkat, pintanya.

Terkait keberangkatan,  tuturnya mudah-mudahan 100 Calon Jamaah Haji bisa ikut bersamaan diberangkatkan dalam satu kloter. Sebab ada tambahan kuota yang semula 93 Calon Jamaah Haji namun perkembangannya bertambah 7 orang menjadi total 100 orang. Mudah-mudahan dapat diberangkatkan bersama-sama jadi satu kloter dengan jumlah awal 93 orang calon Jamaah Haji Kubar, ke -7 orang calon Jamaah Haji ini yang masuk dalam tambahan kuota terakhir. Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementrian Agama Kubar sedang berkoordinasi terkait hal tersebut. Meskipun demikian jangan berkecil hati bagi ke-7 calon jamaah haji yang termasuk dalam tambahan kuota, jika seandainya diberangkatkan beda kloter,  pihak PPIH akan memberikan pelayanan dan kenyamanan yang sama untuk diberangkatkan hingga menuju Asrama Haji Batakan,Balikpapan, bebernya.

Diketahui, jumlah jamaah haji Kubar tahun 2017 sebanyak 100 peserta. Dimana sebelumnya pada Kuota awal berjumlah 93 Calon Jamaah Haji. Namun perkembangannya pada pelunasan tahap ke-II BPIH ada tambahan 7 orang untuk Kutai Barat. Dengan rincian 2 orang Calon Jamaah Haji usia lanjut (Lansia) ditambah pendampingnya 2 orang dan 3 orang penggabungan suami istri, sehingga total 100 orang. Jumlah ini lebih banyak dari tahun sebelumnya, mengingat tahun ini ada pengembalian kuota ke jumlah asal,  di tambah kuota tambahan dari kerajaan Arab Saudi. (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>