Kabupaten Kutai Barat

3 Kampung Wilayah Kecamatan Long Iram Rawan Banjir

 

SENDAWAR-  Kampung Anah, Kampung Long Iram Ilir dan Kampung Long Iram seberang. Ini merupakan kampung-kampung yang dalam wilayah Kecamatan Long Iram yang rawan banjir.

Hal ini diungkapan Camat Long Iram, Burhan ditemui diruang kerjanya baru-baru ini.

Dijelaskannya, terkadang selain tiga kampung tersebut, jika curah hujan yang tinggi sebagian banjir juga Kampung Long Iram kota tepatnya di RT II.

“ Banjir terjadi jika curah hujan tinggi ,  bahkan ketinggian air bisa mencapai hingga setinggi orang dewasa, terakhir banjir besar tahun 2005,”bebernya.

Meskipun banjir biasanya sudah diketahui oleh warga, karena sifat airnya yang naik dengan perlahan. Kebanyakan warga mengungsi ditempat yang agak tinggi, bahkan sebagian ditingkat dua didalam dirumahnya, atau rumah rakit, ujar Burhan.

Burhan menuturkan, beberapa tahun terakhir banjir jarang terjadi, apakah ini karena perubahan iklim, sehingga banjir bukan menjadi momok besar bagi warga yang merupakan wilayahnya langganan banjir, terangya.

Sementara itu, Akhmad salah satu warga Kampung Anah membenarkan hal tersebut, dimana beberapa tahun terakhir ini banjir jarang terjadi, sehingga warga tidak terlalu cemas dan was-was lagi.  (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets