Kabupaten Kutai Barat

25 Anggota SAR Diberikan Pelatihan Lanjutan

KB-29- Foto Bersama

SENDAWAR- Sebanyak 25 anggota Search And Rescue (SAR) Kabupaten Kutai Barat diberikan Pelatihan Unit Reaksi Cepat (URC)  lanjutan. Pembukaan yang langsung di buka oleh Asssiten I ( Pemerintahan, Hukum dan Kesra), Silas Sinar mewKB-29-Sematkan Tanda Pesertaakili Bupati Kutai Barat, FX Yapan, pelaksanaan tersebut di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Melak, Senin (28/8).

Dalam sambutan Bupati Kutai Barat, FX Yapan yang disampaikan Assisten I, Silas Sinar menyampaikan agar, kedepan kegiatan pembekalan lanjutan ini dapat membawa optimalisasi fungsi dari URC SAR Kutai Barat. Untuk menilik potensi bencana di Kabupaten Kubar dipengaruhi oleh kondisi geografis, yang dikelilingi oleh hutan dan sungai serta jumlah penduduk mencapai 169. 621 jiwa, dimana dapat optimalisasi potensi pemanfaatan alam yang berlebihan bahkan tak jarang kurangnya pemahaman akan pentingnya ekosistem alam yang dapat mendorong pengrusakan alam yang disebabkan oleh manusia, ujarnya.

Kepada para URC SAR Kubar dimana keterlibatan bukan hanya untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas diri sebagai makhluk sosial namun lebih pada pengupayaan diri menjadikan hidup lebih berarti. Anggota URC SAR Kubar agar dapat memberikan bakti diri dengan terus meningkatkan mutu dan kualitas kinerja serta produktifitas, berbakti dan mengabdi harus terus diteguhkan, pintanya. Untuk Perangkat Daerah yang terkait yakni Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) perlu diberikan pemahaman melalui kegiatan sosialisasi dan penyuluhan untuk mengetahui langkah awal apabila didaerahnya terjadi bencana. Sebab jika terjadi bencana tidaklah mungkin 25 anggota URC SAR ini bisa mengatasi sendiri, ujarnya.

Saya yakin sinergritas dan kerjasama seluruh lapisan masyarakat sangat diperlukan sehingga perlu digiatkan sosialisasi kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol, Hermanuddin melalui Kepala Bidang, Ketahanan, Sosial, Ekonomi,  J T Lavau menambahkan kegiatan URC SAR meliput usaha dalam kegiatan mencari, menolong dan meyelamatkan jiwa manusia yang hilang atau dikawatirkan menghadapi bahaya dalam musibah pelayaran, penerbangan atau bencana dan musibah lainnya. “ Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari,  dengan instruktur atau nara sumber dari Kantor Badan SAR Balikpapan oleh Mardi Sinaturi, Anggota TNI AU Perwakilan BPP Kubar oleh Letda Sus Heru Prasetio. Peserta 25 anggota URC SAR Kubar yang terdiri dari berbagai lingkup Kubar dan beberapa masyarakat umum,” jelasnya.

Adapun metode pendidikan dan pelatihan  yang diberikan teknik pertolongan di darat,kompas, refling, teknik evakuasi korban. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pembekalan, pengetahuan lanjutan dan keterampilan bagi anggota URS SAR, Sehingga mampu mengevaluasi melalui pencarian dan pertolongan kepada korban yang mengalami musibah, tuturnya. Turut Hadir Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kubar, H Muhammad, Kepala Perwakilan TNI AU Kubar Letda Sus Heru Prasetio.  (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>