Kabupaten Kutai Barat

2.700 Penari Gantar Pecahkan Rekor MURI

DCIM100MEDIADJI_0072.JPG

SENDAWAR – Untuk kedua kalinya, Kabupaten Kutai Barat memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), dimana tahun 2016 berhasil memecahkan rekor peserta terbanyak mengenakan pakaian adat ulap doyo dalam HUT Kutai Barat yang ke 17.

Rekor MURI yang dipecahkan kali ini dengan menampilkan 2.700 anak usia dini mengenakan baju adat Dayak Tonyoi dan Benuaq sambil menari tarian Gantar, dalam memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang digelar di lapangan Taman Budaya Sendawar (TBS), Kota Sendawar, Kabupaten Kutai Barat, Selasa (22/8).

Anak usia dini ini berasal dari 85 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang tersebar di 19 Kecamatan se Kabupaten Kutai Barat dibawah binaan Bunda PAUD Kabupaten Yayuk Seri Rahayu Yapan, yang juga isteri Bupati Kutai Barat FX Yapan.

Satu jam sebelum acara dimulai pukul 08.00 wita, 2.700 anak usia dini satu persatu mulai berkumpul memenuhi lapangan Taman Budaya Sendawar (TBS) dengan didampingi orang tua dan guru PAUD.

Tepat pukul 08.00 wita acara dimulai dengan laporan ketua panitia HAN Ampeng yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kutai Barat, kemudian dilanjutkan sambutan dari Bunda PAUD Kabupaten Kutai Barat Yayuk Seri Rahayu Yapan dan ditutup oleh sambutan Bupati Kutai Barat FX Yapan.

Lalu kemudian masuk pada acara inti, dimana 2.700 anak usia dini yang mengenakan pakaian adat dayak Tonyoi Benuaq membentuk barisan sambil memegang sepotong kayu yang dihiasi pita warna warni.

Para peserta menghadap tribun untuk menari tarian gantar dibawah instruktur penari gantar yang telah berdiri di atas panggung. Dibawah komando alat musik tradisionil anak usia dini mulai menari tarian gantar selama 10 menit.

Seusai tampil tarian gantar dilanjutkan dengan pemberian piagam rekor MURI oleh Manajer MURI Aryani Siregar dan Deputi Manajer MURI Yuli Astuti kepada Bupati Kutai Barat FX Yapan dan Bunda PAUD Kabupaten Yayuk Seri Rahayu Yapan. Acara ini disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Kubar H. Edyanto Arkan, Sekda Kubar Yacob Tulur dan seluruh masyarakat Kutai Barat yang memenuhi lapangan Taman Budaya Sendawar.

Kemudian dilanjutkan penyerahan bibit sayur kepada unsur pimpinan daerah, kepala SKPD dan masyarakat Kubar oleh Bupati Kutai Barat FX Yapan. Lalu dilanjutkan dengan pemberian sertifikat akreditasi lembaga PAUD. Penghargaan peserta terbanyak tari gantar, penghargaan kepada Bankaltim sebagai bank yang memiliki tabungan simpanan pelajar terbanyak se Kaltim.

Penghargaan kepada donatur 1.000 anak tari gantar dalam rangka Hari Anak Nasional. Penyerahan penerima tabungan simpanan pelajar dari Bankaltim dan penyerahan penghargaan kepada lembaga yang berpartisipasi pada tari gantar. (advertorial/NAW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner

Tweets