Kabupaten Kutai Barat

135 Orang Disahkan Menjadi Warga Tingkat I PSHT Kubar

KB-17- Foto Bersama

SENDAWAR- 135 Orang Warga Baru Tingkat I yang tergabung dalam Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kubar di sahkan. Pengesahan tersebut berlangsung di Balai Agung Tulur Aji Jejangkat (ATJ), Minggu (15/10) malam.

Sambutan Bupati Kubar, FX Yapan melalui Assisten II, Drs Yohanes Kinam menyampaikan beberapa pesan dan harapannya. Diantaranya, kemajuan dari komunitas ini yang merangkul seluruh masyarakat yang majemuk baik dari etnis maupun agama. Ini merupakan langkah awal yang baik bagi seluruh rakyat NKRI pada umumnya dan Kutai Barat pada khususnya. Dimana organisasi ini menunjukkan kepeduliannya mewujudkan masyarakat yang berbudi pekerti luhur, selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan NKRI.

Tidak hanya itu, dalam sambutan Bupati juga dikatakan agar PSHT Kabupaten Kutai Barat dapat mengambil bagian dalam menciptakan suasana yang kondusif serta tidak terpengaruh terhadap isu-isu yang mampu memecah belah persatuan. Selanjutnya, Bupati berharap melalui kegiatan pengesahan ini, PSHT juga terus meningkatkan gerak langkahnya dalam setiap bidang kehidupan baik dibidang pendidikan,  ekonomi, sosial kemanusiaan. Terus tingkatkan pembinaan dan pengkaderan Jadikan PSHT selaku mitra pemerintah dalam menuju hidup yang lebih berkualitas dan sejahtera.

Berikut kepada warga yang telah disahkan menjadi warga Tingkat I,  yang memiliki tugas dan tanggungjawab yang lebih dalam pengembangan organisasi ini. Berharap keberhasilan yang telah dicapai saudara sekalian ini dapat mematangkan diri saudara dalam mengemban amanah yang telah diberikan di pundak saudara, pinta Bupati.

Sementara itu, Ketua PSHT Cabang Kubar, Suparlan menjelaskan dimana PSHT sendiri sifatnya organisasi. Dimana Warga Baru Tingkat I merupakan tataran tingkat awal yang telah lulus uji pada tingkat awal. Untuk PSHT sendiri memiliki beberapa tingkatan yakni mulai dari warga tingkat awal atau I, Tingkat II hingga Tingkat III.

 “ Program PSHT sendiri tentunya sejalan dengan program Pemkab Kubar dimana merangkul para anak-anak muda, agar mempersempit ruang gerak negatif yang sering disalahgunakan para anak-anak muda dan memperluas ruang gerak positif. Tentunya, akan timbul berbagai bakat, potensi di diri masing-masing pemuda. Seperti jika terjadi bencana PSHT Cabang Kubar ikut membantu yang bersifat sosial, prestasi baik ditingkat daerah, wilayah hingga propinsi,” bebernya.

Adapun PSHT Cabang Kubar sendiri telah terbentuk pada 2010 yang lalu, dimana Sekretariat ini, PSH sendiri tepatnya di Jl Hasanudin RT II, Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok.

Selain itu, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Kalimantan Timur, Syahrie Jaang, menambahkan IPSI terbentuk beberapa perguruan Silat di Indonesia, salah satuya PSHT. Dan PSHT sendiri sudah begitulama sejarahnya, sebelum kemerdekaan Indonesia, ujarnya.  (hms 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>